Cara Mengatasi Kamera HP Buram dan Berembun

Cara Mengatasi Kamera HP Buram dan Berembun

jetwahid.com – Jika kamera di hp kamu tiba-tiba menjadi berkabut atau blur, jangan panik karena ada cara mudah untuk mengatasi hasil kamera yang buram atau hasil dari kamera yang berkabut.

Penyebab Kamera HP Berkabut

Penyebab kamera HP berkabut biasanya karena hujan atau hujan dan ditaruh di saku celana saat hujan. Bisa juga karena ponsel terciprat air atau jatuh ke tempat penampungan air.

Masalah ini dapat terjadi pada kamera belakang dan kamera depan. Berikut tips cara mengatasi masalah kamera HP berkabut yang mungkin bisa Anda lakukan.

Biasanya penyebab terjadinya fogging pada kamera HP bermacam-macam. Bisa jadi akibat hp terkena air karena kehujanan, atau ada masalah dengan kaca kamera. Bodi HP yang sudah dibongkar juga bisa menjadi sumber masalah. Atau disiram air.

kamera ponsel berkabut

Cara Mengatasi Kamera HP Berkabut

Cara yang umum, kita bisa menggunakan beras yang ampuh untuk menghilangkan embun di kamera WL karena beras memiliki sifat yang dapat menyerap.

Cara mengatasi kamera HP berkabut lainnya dengan pengering rambut. Sebelum dijemur, matikan dulu HPnya. lalu keringkan menggunakan pengering rambut.

Anda dapat gunakan silika gelkarena dapat menghilangkan embun pada kamera HP mirip dengan cara menggunakan nasi.

Terakhir, cara mengatasi kamera HP berkabut adalah dengan mengganti tutup lensa.

Cara Mengatasi Kamera HP Buram

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah denganmengulang kembali Ponsel Anda, tutup paksa aplikasi kamera atau kosongkan memori cache di HPmu. Tetapi jika semua itu tidak berhasil untuk memperbaiki kamera seperti ini, Anda dapat melakukan ini.

Kamera HP yang berubah menjadi buram bisa disebabkan oleh beberapa hal, karena komponen kamera pada HP memiliki rangkaian modul yang cukup kompleks. Jadi mungkin ada bagian yang macet.

Jika kamera di ponsel Anda memiliki mode manual, masuk ke mode itu dan pindah penggeser kiri dan kanan untuk melihat apakah ada perubahan pada gambar yang sedang ditampilkan atau tidak.

Jika cara diatas tidak berhasil untuk memperbaiki kamera hp ini, mungkin anda bisa melakukan hal sederhana yang mungkin terkesan klasik, putar hp anda sehingga permukaan kamera menghadap ke bawah lalu tap hp anda dan biasanya ini bisa membuat kamera menyala fokus ulang ponsel Anda.

Jika cara di atas tidak berhasil, mungkin kamu harus menggoyangkan ponsel sedikit keras atau menekannya sedikit dengan telapak tangan, meski langkah ini terdengar kontra-intuitif namun terkadang bisa membuat kamera di ponselmu berfungsi kembali.

Penyebab Kamera HP Menjadi Blur

kamera ponsel buram

Ada banyak hal yang menyebabkan kamera HP menjadi bermasalah, bisa jadi karena ada komponen yang macet disebabkan oleh debu, goncangan atau cairan yang masuk ke modul kamera, biasanya ini terjadi setelah ponsel Anda jatuh ke air atau kehujanan.

Namun jika kamera hp kamu masih buram dan tidak bisa kembali normal, ada baiknya untuk membawanya ke suatu tempat. Pusat servis untuk meminta teknisi yang lebih kompeten.

Sekadar informasi, kamera digital adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk memvisualisasikan keadaan sekitar menggunakan sensor dalam format digital dan disimpan dalam media penyimpanan digital (memori).

Kamera merupakan alat untuk membuat gambar objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan terakhir pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) yang lebih hemat energi untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam bentuk digital. memformat ke dalam format digital. media penyimpanan digital.

Kenyamanan kamera digital adalah hasil gambarnya langsung diketahui dan hasilnya mudah untuk ditransfer.

Beberapa kamera digital khususnya DSLR dan kamera high-end sudah dilengkapi dengan fasilitas RAW yang dapat ditindaklanjuti di komputer dengan menggunakan software tertentu untuk hasil terbaik, namun saat ini fasilitas Auto Mode sudah menghasilkan gambar yang bagus dalam format JPEG.

Sensor kamera merupakan sensor pengambilan gambar yang juga dikenal dengan CCD (Charged Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) dan terbaru BSI-CMOS (Back Side Illumination CMOS) yang terdiri dari jutaan piksel (MP-mega piksel).

Mulai tahun 2013, hampir semua kamera telah menggunakan BSI-CMOS yang lebih hemat daya, namun dapat menghasilkan gambar yang lebih baik.

Sensor ini berbentuk chip yang terletak tepat di belakang lensa. Semakin banyak piksel yang ditangkap, semakin besar kemungkinan untuk mencetak gambar berukuran besar dengan detail gambar yang memadai (dibatasi oleh kapasitas kertas cetak foto yang biasanya 300dpi (dots per inch), sedangkan menggunakan printer dapat menghasilkan dpi yang lebih tinggi).

Untuk menghasilkan foto berukuran postcard dengan 300dpi cukup menggunakan kamera 3MP. Kualitas foto tidak ditentukan oleh besar kecilnya MP, tetapi oleh kualitas sensor, prosesor kamera, dan terakhir lensa baru, berbeda dengan kamera film yang kualitas lensanya lebih menentukan.

Layar LCD juga dapat membantu untuk melihat foto secara instan setelah gambar diambil, sehingga fotografer dapat memutuskan apakah akan mengambil bidikan lagi atau tidak.

Layar LCD (LCD display) adalah layar yang berguna untuk melihat pengaturan kamera dan jenis bidikan apa yang akan ditangkap oleh sensor kamera.