Cara Memeriksa Spek Laptop atau PC Tanpa Aplikasi

Cara Cek Spek Laptop atau PC Tanpa Aplikasi

jetwahid.com – Jika salah satu dari kalian ingin membeli PC desktop atau laptop, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memeriksa spesifikasi laptop atau PC kalian. Hal ini penting agar Anda dapat memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada artikel berikut, kami memiliki tips dan trik tentang cara memeriksa spesifikasi laptop atau PC atau komputer tanpa perlu aplikasi rumit tertentu.

Anda juga perlu melakukan proses pengecekan spesifikasi laptop atau PC Anda sebelum Anda menginstal aplikasi atau game yang ingin Anda instal, karena beberapa game atau aplikasi seringkali membutuhkan spesifikasi tertentu.

Anda dapat dengan mudah memeriksa spesifikasi laptop atau komputer desktop Anda tanpa bantuan aplikasi atau software apapun, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Metode 1: Menggunakan ‘dxdiag’

1. Klik tombol mulai dan pilih LARI atau Anda juga dapat menekan tombol keyboard Windows + R

2. Pada kolom yang disediakan ketika dxdiag lalu tekan Enter atau OK.

Cara Cek Spesifikasi PC/laptop Tanpa Aplikasi
Jalankan aplikasi di Windows

3. Kemudian akan muncul layar dari Alat Diagnostik DirectXpada bagian System Information, Anda dapat melihat semua informasi terkait sistem dan spesifikasi yang dimiliki komputer, termasuk jenis prosesor dan jumlah RAM yang digunakan.

Cara Cek Spesifikasi PC/laptop Tanpa Aplikasi
Alat Diagnostik Tapilan DirectX

Itulah cara cek spek laptop atau komputer menggunakan aplikasi Alat Diagnostik DirectX yang sudah ada di sistem operasi Windows.

Metode 2: Melalui ControlPanel

Selain cara diatas, anda juga bisa mengecek spesifikasi laptop atau komputer anda dengan cara lain yaitu dengan membuka aplikasi Panel Kontrol – Sistem dan Keamanan – Sistemmaka akan muncul layar kurang lebih seperti gambar dibawah ini :

Cara Cek Spesifikasi PC/laptop Tanpa Aplikasi

Nah, itulah cara cek spek laptop atau PC yang bisa kamu lakukan. Tanpa perlu aplikasi khusus.