Lima Tahun Bersama Jupiter Z1. Part Slow Moving Apa Aja yang Sudah Diganti.

Suspensi Belakang. Bagian ini saya inget banget, sudah dua kali saya ganti.. Pertama, di saat umurnya yang ketiga tahun dan yang kedua diumurnya yang ke empat tahun. Itu artinya cuma kuat setahunan. Kok bisa? Kekuatan Shockbreaker atau suspensi ini lagi lagi tergantung pemakaian juga sob. Mau tahu karena apa? Karena seringnya bawa boncenger yang berbadan gede atau diatas rata-rata lah (over weight)  selain itu beberapa kali bawa barang overload.. Hiks  jadi wajarlah dalam setahun bisa bocor lagi bocor lagi 

Komstir. Tanda komstir perlu diganti adalah ketika stang motor terasa oleng atau ngebuang. Jadi ketika mau belok ke kanan, setang ngebuang kekiri dan sebaliknya. Kalau masih ringan sih cukup disetel aja. Tapi kalau sudah parah wajib diganti.

Seal penutup tangki bensin. Jadi ceritanya waktu itu lagi isi bensin, kok susah banget buka tutup tangkinya.. Dengan sekuat tenaga baru dah bisa kebuka. Agak malu juga sih dilihatin sama yang dibelakang. Haha.. Selain itu kalau isi bensinnya full atau agak banyakan, suka luber keluar kalau ketemu jalan yang bergelombang atau rusak. Usut punya usut ternyata seal alias karet penutupnya udah getas. Wajib diganti biar aman dan ga malumaluin lagi. Hihihi.

O ring filter oli. Cirinya suka ada rembesan oli di sela-sela blok filter oli.

Ori. Inden 2minggu, tapi datang lebih cepat
Ori. Harganya murah, cuma 15 ribu

Cover rantai. Waktu itu ditengah perjalanan terdengar suara aneh dibagian belakang, ternyata ada gesekan rantai sama covernya. Sepertinya terinjak sama boncenger, tapi ga tahu juga sih. Covernya patah dibagian lubang bautnya.

Aki (accu). Ketika performa aki mulai menurun, sebaiknya segera diganti saja daripada motor mogok ditengah jalan, kan bisa berabe.. Musti dorong atau di step sama teman.

Ok sob.. Mungkin itu saja beberapa part slow moving yang pernah saya ganti. Terimakasih ya sudah mampir. See you.

4 Replies to “Lima Tahun Bersama Jupiter Z1. Part Slow Moving Apa Aja yang Sudah Diganti.”

  1. Salam Semakin di depan
    Ulasan menarik gan,,bukan semata-mata untuk update saja, namun part yg di ganti selama 5 tahun apasaja perlu dipahami.
    semoga lancar jaya dan semakin bagus blognya.
    salam Yamaha Mataram Sakti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.