Lima Tahun Bersama Jupiter Z1.. Beberapa Pengalaman yang Kurang Menyenangkan..

Selama lima tahun ini si jetwahid sudah menemani aktivitas saya sehari-hari, dimana tiga tahun awal lebih banyak cuma sekedar mengantarkan saya ke kantor di pagi hari dan sore hari atau malam harinya balik ke rumah, selama hari kerja senin sampai sabtu. Di hari minggunya kadang cuma ngandang aja di garasi rumah, kadang sesekali short touring ke sukabumi atau touring ke berbagai tempat bersama teman komunitas. Selama tiga tahun ini ga banyak keluhan-keluhan yang berarti yang dirasakan.

Kemudian dua tahun terakhir, setelah kontrak kerja selesai, saya beralih profesi menjadi ojek online.. So, si jetwahid pun saya gunakan sebagai armada ojek online.. Nah, barulah di dua tahun ini banyak sekali kejadian-kejadian yang bikin KESEELLL.. haha.. Ya wajar sih saya rasa, selain karena faktor umur pemakaian, juga karena hampir tiap hari si jetwahid ini “disiksa” ratusan kilometer, istilahnya melipir, menjalankan orderan yang didapat..

Nah, berikut pengalaman yang kurang menyenangkan yang pernah dialami..

Putus rantai. Waktu itu kalau tidak salah kejadiannya tepat ketika mbah rossi gagal juara dunia karena ndlosor alias tiseureuleu alias jatoh lah gitu.. Haha.. Padahal baru seminggu sebelumnya ganti gear set yang baru. Hemmmm.. Saya yakin sih karena pemasangannya yang kurang presisi.. Ya sudahlah..

Overheat. Beberapa kali si jetwahid ini pernah mengalami yang namanya overheat, baik ketika sendirian maupun pas bawa boncenger.. Lagi enak-enaknya riding, tiba-tiba mesinnya mati.. Haha.. Di area mesin terasa sekali hawa panas yang berlebih. Akhirnya kudu didiamkan dulu kurang lebih 10menitan. Hal ini terjadi karena waktu itu saya riding kurang lebih 2jam nonstop. Semenjak itu ga pernah lagi riding lebih dari 1,5jam.. Nyari aman.. Haha..

Lost Kompresi. Pernah juga beberapa kali mengalami kondisi dimana lagi enak-enak riding, mesinnya tiba-tiba mati.. Haha.. Berbeda dengan overheat, kalau lost kompresi bisa terjadi kapan aja.. Waktu itu baru riding sekitar 10menitan, tanpa sebab yang jelas tiba-tiba aja mesinnya mati.. Di kick starter ga bisa, ngelosss.. Di starter elektrik juga ga mau nyala mesinnya.. Akhirnya pakai trik khusus biar bisa nyala lagi mesinnya.. Hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.