Suzuki, Inovasi Tiada Henti.. Jilid Kedua..

Jetwahid.com – Selamat pagi sobat.. Apa kabar? Semoga sehat wal’afiat.. Tulisan ini terinspirasi dari tulisan mas sayur, seorang juragan blogger dari jayapura.. Hehe.. Namun mimin akan membahas dari sisi lainnya.. Setelah melihat sosok Suzuki NEX II, walaupun cuma melihat lewat foto saja, mimin melihat sepertinya desain NEX II ini sudah keluar dari pakem yang selama ini ada yang terkesan old, out of the box dan kurang sesuai selera pasar.. Yups inovasi yang dulu bergema sekarang mulai terdengar lagi.. Apakah ini awal dari inovasi-inovasi Suzuki berikutnya..

Desain Suzuki NEX II ini seakan melompat jauh dari gen sebelumnya, terlihat eyecathcing, keren dan kini sudah tidak malu lagi untuk disandingkan dengan rival-rival di kelasnya.. Fitur-fitur kekinian pun seperti LED lamp sekarang sudah ada ditubuhnya.. Kaki-kaki juga sudah tidak kurus lagi karena dibekali ban berukuran 80/90 – 14 untuk ban depan, sedangkan untuk ban belakang berukuran 90/90 – 14.. Hal tersebut dihadirkan untuk menyetarakan dengan rivalnya..

Bagian flatdeck direvisi menjadi lebih lebar sehingga kaki pengendara bisa lebih leluasa lagi dan juga bisa mengangkut barang lebih banyak. Kemudian ada sedikit coakan di area belakang dek ratanya, untuk memudahkan kaki pengendara ketika berhenti sejenak sehingga tidak menginjak kaki pengendara lainnya..

Bagian cat motornya juga terlihat kinclong dan glossy sehingga terlihat lebih mewah dan keren, berbeda dengan gen sebelumnya yang terlihat biasa.. Bodinya pun sedikit lebih besar yang seukuran dengan rival-rivalnya.

Nah, apakah ini pertanda kalau Suzuki sudah berbeda dan mulai berbenah untuk mengejar ketertinggalan dari rival-rivalnya? Kalau iya, semoga segera dihadirkan beberapa produk yang dulu termasuk produk yang oke punya di zamannya seperti FXR 150, Shogun SP, Thunder 125..

Flashback sebentar.. Seandainya dulu Suzuki mau mengupgrade Shogun ke 150cc menggunakan mesin satria fu karbu, mungkin jalan ceritanya akan lain.. Duet Shogun SP 150 dan Satria FU mungkin saja akan menguasai segmen bebek super / bebek sport dan saat ini Suzuki lah yang berjaya serta menguasai segmen tersebut.. Siapa yang tahu ya sobat.. Hehe. Tapi waktu itu Suzuki malah menghadirkan axelo yang akhirnya melempem dan tidak berdaya.. Nah, saat ini segmen bebek super mumpung sedang berkembang dan cuma diisi dua pemain, yaitu mx king dan supra gtr, dimana mx king begitu mendominasi dan terlihat honda cukup kewalahan dengan supra GTR nya.. Apa salahnya Suzuki nyemplung juga dikelas tersebut, modal mesin sudah ada, comot saja mesin Satria FU FI dan tinggal bedakan sedikit setingannya, taro lah powernya di setting di 17HP, sudah cukup menjadi yang paling powerfull dikelasnya.. Desain motornya seperti apa? Noh Satria 120 RU aka Satria Hiu ada kan.. Tinggal dirubah dikit dan dipasangin fitur-fitur kekinian seperti LED lamp, ban gambot, keyless, dan lainnya.. Hehe.. Semoga semangat Suzuki dengan “inovasi tiada henti”-nya akan terwujud bebek super tersebut.. Bolehkan berharap.. Hehe..

Kemudian Suzuki Thunder 125. Keunikan motor ini terletak pada tangki bensinnya yang besar jadi bisa menampung bensin yang banyak, jadi ga perlu sering-sering mampir ke SPBU. Cocok buat yang suka touring atau kita yang sering lupa dan malas isi bensin. Sayangnya performanya biasa saja karena cuma dibekali mesin 125cc, bagusnya Thunder cuma pemain tunggal dikelasnya, rivalnya honda megapro waktu itu dibekali mesin 160cc jadi beda kelas lah ya.. plus minus sih.. Plusnya motor jadi lebih irit, tapi minusnya ya itu dia performanya terbilang biasa saja dan kalau ada motor bebek yang manas-manasin pasti keok diasepin.. Xixixi.. Motor sport kok cuma 125cc.. Ada sih motor sport 125cc yang powerfull, tapi diluar nagrek sana.. Haha.. Nah sekarang kalau Suzuki mau mereborn, templokin mesin 150cc, basis mesinnya bisa nyomot mesin gixxer dari india.. Hehe.. Namun sepertinya berat karena pasar segmen ini lagi terpuruk, bisa tengok penjualan megapro dan byson.. Tapi siapa tahu ke depannya kembali bergairah, iya ga sob..

Suzuki FXR 150.. Motor yang lahir prematur, lahir terlalu cepat, lahir melebihi zamannya.. Kira-kira begitu untuk menggambarkan sosok fixxer, begitu dia disebut dan dikenal.. Karena apa? Disaat yang lain tampil dengan design yang alakadarnya aka biasa saja, fixxer hadir dengan sosok yang futuristik.. Dia juga dibekali berbagai fitur yang ciamik dibandingkan dengan motor-motor yang ada disaat itu, memiliki power yang bahkan lebih besar dari motor modern saat ini dengan kubikasi yang sama.. Mantafff ga tuh… Sayangnya penerimaan pasar saat itu kurang dan memang pasarnya belum terbentuk.. Nah saat ini pasar sport 150cc full fairing sedang booming, ga tertarik nih? Kan udah ada GSX-R150.. Iya juga sih.. Eeiitt tunggu dulu, GSX-R150 dan FXR 150 itu sepertinya beda segmen.. GSX-R150 lebih kepada ready to race, sedangkan FXR 150 lebih kepada show off, “ini loh guweh punya motor keren” karena memiliki desain yang lebih kalem serta nyaman untuk dikendarai sehari-hari, joknya pun lebih bersahabat untuk berboncengan.. IMHO.. Seandainya nih, seandainya loh, Suzuki mau mereborn FXR 150, bikin saja pakai mesin GSX-R150 tapi pakai desain yang guanteng polll terus tambahin fitur-fitur yang belum ada di GSX-R150 seperti Banana Arm, USD Fork, Assist & Slipper Clutch, Riding Mode (bila perlu), All LED Lamp, dan fitur lainnya yang bikin ngiler.. Katakanlah FXR 150 ini versi ultimate dari GSX-R150.. Hehe..

Last, semoga kehadiran NEX II merupakan langkah awal Suzuki kembali berinovasi untuk menghadirkan motor-motor yang oke punya, yang tentunya memiliki spek serta kualitas yang tidak main-main dan melebihi kompetitornya, karena itulah ciri khas Suzuki selama ini yang tidak boleh hilang.. Serta semoga slogan “inovasi tiada henti” tidak kembali terhenti tapi akan menjadi “inovasi tiada henti” jilid 2 yang lebih baik lagi dari sebelumnya.. Good job & good luck Suzuki..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *