Testride Yamaha Lexi si “Sexy”

Selamat pagi sobat.. Apa kabar? Hari selasa tanggal 17 april kemaren telah diadakan press conference tentang pengumuman resmi harga yamaha lexi si “sexy” yang bertempat di sirkuit karting sentul atau sentul kecil. Selain itu juga para awak media dan blogger diberikan kesempatan untuk menjajal ketangguhan performa si Lexi langsung di sirkuit sob.. Bagaimana keseruannya, cekidot..

Karena peserta testride membludak, panitia membagi dalam beberapa kelompok, mimin kebagian kelompok ketiga sob. Kesempatan ini tentu saja tidak mimin sia-siakan untuk mengetahui performa sebenarnya dari si sexy Lexi ini.. Setiap kelompok diberikan kesempatan melahap sirkuit sebanyak 3 lap.. Lumayanlah ya.. Hehe.. Di lap awal seperti biasa pengenalan terlebih dahulu tentang karakter si sexy Lexi, mencari racing line yang tepat dan tentu saja karakter sirkuitnya itu sendiri.

Lap pertama: rombongan bergerak mengikuti arahan Road Captain yang kali ini memakai motor yamaha Vixion R berwarna merah. Tentu saja tidak boleh saling mendahului ya sob.. Hehe.. Karena cuma sekedar pengenalan karakter si motor, sirkuit dan racing line saja jadi ya alon-alon saja mengikuti pergerakan motor yang di depan..

Lap kedua: setelah mengenal ketiganya baru lah di lap kedua ini pakai metode geber riding.. Yiiihaaaa.. Kebetulan mimin berada di kedua paling belakang jadi bisalah mengeksplor performanya.. Hehe.. Begitu lap pertama mau berakhir dan mau masuk ke lap kedua di straight atau di trek lurusnya, pas ditikungan perlahan-lahan kecepatan dikurangi dan kemudian gaaasssss pooollll sambil nunduk-nunduk ala sembalap eh pembalap.. Lumayanlah akselerasinya jossss.. Cuma sayang trek lurusnya pendek banget jadi ga maksimal deh.. Kemudian meliuk-liuk di tikungan dan miring-miring sedikit maksimal dan hampir gasruk (yang depan mah gasruk mulu) sepertinya yg depan sedang mengekplor performanya juga jadi kita seperti sedang kebut-kebutan.. Haha.. Asik bener nih, meskipun bodi si sexy lexi ini sedikit lebih besar dari metik kebanyakan dan sedikit lebih kecil dari kakak-kakaknya, tapi soal kelincahan, ajiiibbb.. 2 jempol dah…

Lap ketiga: sama seperti lap kedua, tapi di lap ini ditambahi simulasi stop&go dan mencoba performa remnya.. Ketika dicoba stop&go, sepertinya sedikit kurang galak nih.. Performa rem depan maknyusss tapi rem belakang kurang menggigit..

Kesimpulannya:

Desain = kesan pertama melihat si sexy lexi ini, wowww ini toh versi paling mungil dari maxi skuter.. Soal desain sih relatif ya sob.. Menurut mimin kesan maxinya lumayan dapat banget, seandainya suspensinya stereo alias dua biji seperti sodara-sodaranya baru dah keren banget.. Tapi tentunya sesuai kelas yang dituju ya sob.. Hehe

Handling = ringan banget sob, mudah ditekuk-tekuk, dipakai zig zag juga enjoy banget euy.. Meski berbadan gambot, tapi lincah sob, bahkan dipake miring maksimal sampai gasruk juga ga masalah lanjut terusss..

Rem = performa rem ini agak aneh, depan ok tapi belakang kurang ok.. Rem belakang rasanya kok kurang pakem ya, ah mungkin cuma setelannya aja kali ya.. Kalau rem depan mah ga usah ditanya sob, pakem banget lah khas motor yamaha..

Suspensi = kebetulan unit yg dipake adalah tipe S, yg punya suspensi tabung. Performanya 2 jempol sob.. empuk banget.. Trek yang banyak tambalan semen dan sedikit bumpy ga kerasa euy.. Entah klo yg tipe standar, suspensinya keras atau sama seperti ini.. Suspensi depan mimin fikir bakal seperti metik kecil yamaha yang agak keras, tapi ternyata ga terbukti sob, ayunannya soft dan ga bikin limbung ketika di geber.. Mantafff

Jok = udahlah ga usah diragukan lagi soal jok mah, semua metik yamaha dari yang kecil sampai yang besar, semua joknya empuk pake banget sob.. ditambah lagi ukuran joknya lebar, makin betah aja berlama-lama diatasnya.. Pokoknya nyaman banget dah..

Riding position = nah ini bisa dibuat agresif & bisa juga santai.. Kaki bisa sedikit selonjoran ke depan. Area flat dek nya lega jadi bisa leluasa memainkan kaki dan juga dengkul aman dari mentok ke area depan.. Stangnya agak lebar tapi tidak terlalu tinggi, Lebih enaknya sih posisi dibuat santai sih jadi bisa lebih nyaman like maxi scoot sesungguhnya..

Performa = kata yang lain sih agresif, tapi yang mimin rasain tarikan awalannya sedikit kurang nendang ya, seperti ada jeda sepersekian detik sebelum ledakan powernya keluar.. entah unit yang mimin pake ada sedikit bermasalah atau gimana kurang tahu.. Tapi pas tengah ke atas baru kerasa tarikannya ajiibbb ga ada jeda sama sekali, ngisi teruusss..

Untuk rider dengan tinggi badan 165cm kebawah, jinjit balet euy.. mungkin karena joknya lebar kali ya.. Agak kesulitan pas berhenti atau ketika diam dan mau memulai jalan.. Ini hanya masalah adaptasi saja, kalau udah terbiasa mah enjoy aja..

Ok sobat, sekian dulu ya.. Terimaksih sudah mampir.. See you.

4 Replies to “Testride Yamaha Lexi si “Sexy””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *