Analisa Ngawur Tentang Yamaha Vixion.. Rivalitas dan Harapan Kedepannya..

Selamat pagi sobat.. Apa kabar? Beberapa tahun yang lalu, Vixion merupakan tulang punggung penjualan yamaha, tanpanya yamaha seperti bukan apa-apa dimata rivalnya.. Vixion seperti berjalan sendirian karena di kelas lain seperti bebek, babak belur.. segmen metik apalagi perbedaannya terlalu mencolok, total seluruh penjualan metik yamaha bahkan tidak mampu mengalahkan penjualan satu varian motor rival. Meski begitu Vixion tetap bertahan menjadi raja di segmen sport 150cc dan temboknya seperti susah sekali ditembus apalagi diruntuhkan sang rival..

Setiap generasi vixion yang lahir memang selalu unggul, apa yang ditawarkannya selangkah lebih baik dari sang rival, berbagai fitur unggulan ada didalamnya.. Tanpa di duga sang rival hadir dengan pembaruan diberbagai sektor sehingga mampu menyamainya bahkan sedikit lebih unggul dari Vixion.. Berbagai cara telah dilakukan sang rival, hingga akhirnya ditahun 2017 kemarin berkali-kali sang rival mencoba menggedor dari segala arah dan sang vixion pun mulai goyah, berkali-kali pula penjualannya berhasil disalip.. Namun Vixion tetaplah Vixion, pertahanannya kokoh bagaikan karang sehingga tetap mampu bangkit kembali dan akhirnya dipenghujung tahun 2017 Vixion tetap tak tergantikan sebagai raja sport 150cc..

Sadar sedang diserang, untuk bertahan dari gempuran sang rival, akhirnya Vixion dipecah menjadi 2 varian yakni Vixion Standar dan Vixion R dengan desain yang dibuat mirip.. Tapi tentunya dengan beberapa perbedaan baik secara visual maupun mesin yang digendongnya.. Strategi yang jitu karena bisa memecah konsentrasi rival dan juga membuat calon konsumen jadi banyak pilihan.. Mau yang kalem tapi ganas, ada Vixion Standar.. Mau yang lebih powerfull layaknya R15 VVA, ada Vixion R..

Sepertinya isu negatif tentang mesin SOHC yang imperior dari mesin DOHC dan desain yang dianggap kurang menarik, tidak menyurutkan konsumen untuk menjatuhkan pilihannya terhadap Vixion, karena sang rival pun tak lepas dari isu-isu miring yang menyertainya..

Namun kini sepertinya masa-masa keemasan vixion dan juga rivalnya di kelas 150cc, sudah berada di titik jenuh.. Beberapa tahun ke belakang penerimaan pasarnya selalu berada di angka 20 ribuan unit, tapi kini hanya tinggal separuhnya saja.. Apa penyebabnya? Tak lain dan tak bukan adalah kehadiran big skutik di kelas 150cc.. Istilahnya shifting demand (koreksi kalo salah)..

Sejak negara api menyerang.. Eh, sejak kehadiran metik bongsor dari sodaranya sendiri, yakni Nmax 155 dan Aerox 155 yang menawarkan kenyamanan khas skutik dengan power yang cukup beringas, pesona Vixion di kelas 150cc pun seperti mulai memudar.. “Kok motor sport dibandingin sama skutik!!”.. Ya memang kenyataannya seperti itu.. Belakangan ini memang skutik bongsor lagi digandrungi oleh semua kalangan dan trennya selalu meningkat, berbanding terbalik dengan motor sport 150cc.. Buktinya metik bongsor selalu masuk 10 motor terlaris setiap bulannya dan motor sport 150cc tersingkir.. Pasar motor sport 150cc mulai meredup dan kini perhatian tertuju ke skutik gambot 150cc tersebut..

Nah, kira-kira apa yang bisa membuat pamor vixion kembali naik sob… All New Vixion bermesin DOHC kah!!! Hehe..

Ok sob, sekian dulu ya.. Terimakasih sudah mampir.. See you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *