Test Ride Singkat Yamaha Vixion R… VVA Memang Sesuatu..

Selamat pagi sobat.. Apa kabar? Siapa yang ga kenal Yamaha vixion.. Kehadirannya pada tahun 2007 lalu mendobrak kejayaan motor sport honda yang saat itu dikuasai duet megapro dan honda tiger yang mesinnya masih berpendingin sepoi-sepoi dan masih pakai karburator. Dengan dibekali mesin yang lebih canggih karena sudah dibekali pendinginan cairan alias liquid cooled dan tentunya sistem injeksi, lambat laun vixion menjadi idola baru biker tanah air bahkan hingga saat ini tetap digandrungi. Vixion generasi terbaru memiliki 2 varian yakni Vixion Standar yang masih mengusung mesin generasi sebelumnya yang memiliki kubikasi sebesar 150cc dan masih dibekali 5 kecepatan, tapi tentunya dengan membawa fitur-fitur unggulan lainnya. Sedangkan varian lainnya yang lebih canggih adalah Vixion R, yang bisa dikatakan sebagai versi naked dari R15 V3 karena memiliki mesin yang identik. Kebetulan saat berkunjung ke rumah mas endrik pemilik warung elangjalanan.net mimin diberi kesempatan buat jajal Vixion R ini. Bagaimana keseruannya, mangga disimak sob..

Testride kali ini mengambil tempat disebuah perumahan yang berlokasi di cibubur. Kondisi jalanannya mulus sob, tapi di beberapa titik masih ada yang jelek karena sedang ada perbaikan disana, ada beberapa polisi tidurnya, ada trek lurusnya juga yang lumayan panjang sob.. Keadaan lalu lintasnya cukup sepi. Cekidot…

Joknya lumayan tebal, jadi sangat bersahabat dengan (maaf) bokong. Riding jarak jauh maupun berlama-lama diatas motor oke oke aja.. Dibandingkan dengan yang lain, lebih enakan ini.. Jok boncengernya pun lumayan empuk.

Jarak jok ke tanah lumayan tinggi. Ternyata dengan profil 165cm dan 60kg, rider akan dipaksa jinjit sob, tapi ga terlalu sih, masih bisa ditolerir lah ketinggiannya dan ga akan kesulitan ketika dijalan ketemu macet.. Tapi memang butuh sedikit penyesuaian jika kita tidak terbiasa, apalagi jika sebelumnya kita rider metik atau bebek..

Jangkauan setang. Jaraknya ga terlalu jauh, lumayan nyaman dan bikin kita sigap ketika berkendara, cukup ringan ketika diajak berbelok dan melewati bundaran atau putar arah.. Motor jenis naked memang biasanya lebih nyaman dibandingkan motor sport fairing.. Minim getaran juga.

Area speedometer. Cukup rapi, pencahayaannya pun mudah dilihat bahkan saat siang hari pun dapat terlihat dengan jelas. Speedometer digital memang menarik sekali.

Pengereman. Sudah bukan rahasia lagi kalau soal pengereman, motor-motor yamaha memang jagonya. Handle rem ditekan sedikit saja si motor sudah mau berhenti. Jadi untuk mengurangi laju sang motor, ga perlu menekan handle rem terlalu dalam, hemat tenaga.. Begitu juga rem belakangnya, mantafff sob..

Kopling. Karena sudah mengaplikasikan slipper clutch, koplingnya jadi makin ringan dan empuk sob.. Perpindahan gigi jadi mengasyikan baik ketika berakselerasi maupun deselerasi.. Tangan kiri ga bakalan pegal lagi nih sob, meskipun kena macet dijalan.

Performa. Karena keterbatasan trek yang dipakai dan memang bukan mencari topspeed, jadi tidak bisa memaksimalkan performanya sob, tapi cukup bisa merasakan sensasi yang ditawarkan sang Vixion R dengan VVA-nya.. Akselerasinya cukup nendang, dari diam sampai ke gigi 3 cepat sekali.. Kecepatan tertinggi yang dapat di raih di gigi 4 cuma sampai 95kpj saja, shifting ke gigi 5 masih stay di 95kpj dan trek sudah habis.. Gigi 6 ga kepake sob.. Hihi.. Kayaknya butuh trek yang lebih panjang lagi nih.. Masih penasaran dan memang bikin ketagihan sob, motornya enteng banget soalnya, akhirnya berkali-kali dicoba tetap dapat segitu.. Mungkin saya kurang ahli dalam oper gigi pake kopling manual kali ya sob.. Maklum rider bebek, biasa oper gigi ke depan terus, lah ini harus ke depan sekali kemudian terus kebelakang, haha.. Tapi ga pentinglah berapa raihan topspeed yang bisa dicapai, yang terpenting adalah seberapa cepat si motor berakselerasi.. Dan memang akselerasinya Vixion R ini termasuk salah satu yang jempolan.. VVA memang sesuatu sob.. Kudu nyobain langsung.. Hehe..

Kayaknya kalau udah ganti oli yang lebih bagus, pasti akselerasinya lebih nampol lagi nih..

Ok sob, sekian dulu ya.. Terimakasih sudah mampir.. See you

Spesial thank’s: mas endrik, elangjalanan.net

2 Replies to “Test Ride Singkat Yamaha Vixion R… VVA Memang Sesuatu..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *