Lupa Ganti Oli Selama Sembilan Bulan.. Yamaha Mio GT Ini Baik-Baik Saja

Selamat pagi sobat.. Apa kabar? Yamaha Mio GT merupakan salah satu metik andalan yamaha dulu yang masih pakai teknologi YMjet-fi sebelum digantikan metik terbaru yang berteknologi bluecore.. Kebetulan mimin punya 1 unit di rumah sebagai kendaraan operasional nyonyah dirumah. Biasanya sih emak-emak itu ga pernah merhatiin tunggangannya, maunya tinggal gasrem doang.. Xixixi.. Jadi kita harus pengertian sekaligus memperhatikan perawatannya si motor.

Tapi kadang kita juga suka lupa kapan terakhir service misalnya, untuk itu kita selalu mencatat di buku primbon setiap kali melakukan perawatan.. Hehe. Nah, beberapa hari yang lalu mimin mengecek catatan tersebut dan betapa kagetnya ternyata terakhir kali ganti oli itu tanggal 7 mei 2017 di KM 14.825, dan sekarang tanggal 25 februari 2018 odometer menunjukan 16.917 KM.. Bhuahaha.. Ya sudah tanpa fikir panjang akhirnya kita bawa si Gagal Tunduh (Mio GT) ke bengkel terdekat, langsung ganti oli.. Sebenarnya sih soal performa oli ga ada penurunan dan motor baik-baik saja, tapi ya sudah ganti saja.

Langsung eksekusi ganti oli pakai yamalube oil metic.. Semoga nanti ga kelupaan ganti oli lagi ya sob.. Hehe.. Atau sekalian aja ya genapin setahun, baru ganti oli… Bhuahaha.. Enggalah, meskipun jarang dipakai jarak jauh (paling jauh ke sukabumi setahun 2x di libur lebaran), tapi kalau soal ganti oli, kita selalu rutin menjadwalkan ganti oli itu 6bulan sekali, jadi setahun cuma 2x ganti..

Oh iya sekalian service CVT aja, bersih-bersih area CVT dan pengen tahu kondisi dalemannya.. Ternyata meskipun udah berusia 4tahun kurang 1 bulan, CVT masih bagus.. Hehe.. Paling cuma ganti rollernya aja, kalau ga salah kemaren-kemaren udah 2x ganti.. Kenapa awet? Karena memang si Gagal Tunduh ini jarang dipakai jarak jauh sehingga jarak tempuhnya masih termasuk sedikit karena masih dibawah 20.000 KM.. Hehe. Kemudian filter udara juga masih bagus, belum kotor banget.. Terakhir ganti tahun 2015.. Haha..

Nah sobat, biar motornya selalu dalam kondisi fit dan siap tempur, jangan lupa lakukan perawatan secara rutin.. Terutama soal oli, jangan telat ganti oli ya.. Service motornya juga secara berkala, biar makin josss..

Ok sobat, sekian dulu ya.. Terimakasih sudah mampir. See you

2 Replies to “Lupa Ganti Oli Selama Sembilan Bulan.. Yamaha Mio GT Ini Baik-Baik Saja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.