Test Ride Singkat Suzuki NEX.. Performa si Imut Ini Ternyata Ok Punya..

Selamat pagi sobat.. Apa kabar? Nama Suzuki NEX memang kurang populer dibandingkan rival sekelasnya, namun apakah hal tersebut menjadikannya terlihat kalah segalanya? Ah enggak juga.. Setelah diartikel sebelumnya kita sudah membahas apa aja yang ada ditubuh si metik yang imut nan menggemaskan ini.. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang test ride singkat Suzuki NEX. Dari sinilah kita akan mengetahui bagaimana sih performa si metik mungil ini apakah sesuai ekspektasi atau tidak. Testing is believing.. Gimana keseruannya, cekidot..

Area test ride adalah seputaran Metropolitan Mall Cileungsi sampai depan perumahan harvest.. Medan yang dilalui kombinasi yakni terdapat jalan yang bagus, jelek dan ada polisi tidurnya juga..

Profil: 165cm, 60kg..

Pertama-tama kita dudukin dulu.. Joknya meskipun kecil tapi soal keempukan, lebih empuk ini daripada yang lain.. Kemudian area kaki atau dek, agak sempit sih tapi untungnya dengkul tidak sampai mentok ke bagian depan.. Kedua kaki menapak sempurna ke tanah bahkan masih bisa berdiri sedikit, hehe, ini karena pengaruh joknya yang kecil dan tidak lebar.. Pijakan kaki untuk boncenger mirip beat karbu ya, jadi kalau lagi riding sendiri kaki bisa ditarik kebelakang dengan leluasa dan posisi berkendara pun bisa lebih lugas..

Nyalain mesin.. Hemmm.. Mesin masih pake model lawas, masih bletak duorrr.. Belum mengaplikasikan starter senyap… Ga masalah yang penting bisa nyala.. πŸ™‚ dalam keadaan masih diam tidak ada getaran yang berlebih, coba sambil rem depan ditarik pun tak ada getaran sama sekali..

Mesinnya responsif banget, akselerasinya maknyussss… Berlari dari keadaan diam tak perlu membecek gas lebih dalam, cukup toel dikit langsung meluncur.. Kombinasi dari bodi ringan plus desain imut, kecil dan lucu.. Haiyahh.. Membuatnya mampu memberikan sensasi yang menyenangkan, seperti pelari bertubuh ringan yang mampu melesat dengan cepat.. Soal performa mesin, tampaknya Suzuki NEX lebih baik dari yang lainnya.. Performanya mengejutkan.. Tengok saja spesifikasinya..

Ketika di area kosong, nyobain berjalan zig zag, enteng banget sob.. Hehe.. Inilah enaknya metik berbodi ramping dan ringan, bisa dengan mudah selap selip ketika macet.. Asal jangan dipake alay aja ya sob.. Hehe.. Oh iya, meskipun bodinya imut dan ramping, tapi pas kecepatan sedang tidak ada gejala limbung sama sekali.. Entah kalau dalam kecepatan tinggi… πŸ™‚

Saat melewati jalan bergelombang atau jelek, sokbrekernya bekerja sempurna.. Begitupun ketika melibas polisi tidur dengan pelan tanpa di gas maupun dengan digas sedikit, bantingan sokbreker depan dan belakangnya mantafff, tidak ada gejala mengayun berlebih dan (maaf) bokong pun tidak mendapatkan tekanan berarti.. Kombinasi dari performa sokbreker yang jempolan dan jok yang empuk membuat kenyamanan dalam berkendara terasa lebih baik..

Performa pengereman rem depan dan belakang, agak sedikit dibawah metik yamaha.. Namun sudah cukup pakem lah untuk menghentikan lajunya.. Mungkin karena diameter piringan cakram depannya yang terlihat lebih kecil kali ya… Ketika dicoba mengerem mendadak maupun sedang, tepat berhenti di titik yg diinginkan dan tidak ada gejala ngeloyor..

Ok sobat, sekian test ride singkatnya ya.. Mohon maaf kalau kurang lengkap.. Hehe.. Terimakasih sudah mampir.. Baca juga artikel yang lainnya ya.. See you

*special thank’s: viwimoto.com

4 Replies to “Test Ride Singkat Suzuki NEX.. Performa si Imut Ini Ternyata Ok Punya..”

    1. Tul… #eh..
      Si Gagal Tunduh cuma menang di jok yg empuk dan lebih lebar, PBL, rem lebih pakem, bagasi lbh besar, dan terakhir mampu membawa keluarga kecil & barang bawaan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *