All About Suzuki NEX.. si Skutik Imut Yang Ngegemesin..

Selamat pagi sobat.. Apa kabar? Sobat tahu kan salah satu skutik entry level dari suzuki yang bentuknya imut, lucu dan menggemaskan.. Hihi.. Yups, dialah Suzuki NEX.. Kali ini kita akan mencoba membahas fitur apa saja yang ada di Suzuki NEX, si Skutik imut yang ngegemesin.. Akan kita bahas dari mulai depan sampai belakang.. Mangga digeber sob..

Berikut beberapa detail tentang si skutik imut nan menggemaskan ini yang berhasil mimin jepret..

Pertama: area depan

Penempatan headlamp sama seperti kompetitornya, yaitu di tebeng.. Bentuknya kecil, masih pakai bohlam, tapi pencahayaannya cukup terang sob.. Disampingnya ada stiker 3D yang warnanya menyerupai mika headlamp, efeknya jadi terlihat lebih besar. Hemmm menarik juga.. Diatasnya lagi ada lampu sen yang masih dibekali bohlam biasa.. Jadi ga ada LED lamp ya sob, maklumlah sesuai kelasnya sudah cukup. Kemudian paling atas ada batok stang imut dan runcing berlogokan S. Spion standar.

Velg, ban depan dan cakram..

Wowww velg CW-nya dibekali ring 14, buatan enkei sob.. Siapa yang ga kenal nama enkei.. Beuhhh pokoknya kualitasnya jempolan, jaminan mutu dah.. Dibalut ban tube type berukuran 70/90.. Ukuran segitu mah standarlah ya… Kemudian piringan cakramnya kok terlihat lebih kecil ya.. Entah ukurannya berapa.. Xixixi. Tapi performanya ajib sob, udah mimin tes kok.. Pakem pake banget.. Hehe..

Area Speedometer

Terlihat simpel dan informatif.. Ada speedometer & fuel meter yang masih pake jarum, engine check/FI, penanda lampu jauh, penanda lampu sen kiri-kanan yang menyatu, penanda jarak tempuh juga.. Semuanya standar ga ada yang istimewa, tapi cukup menarik dan semuanya terlihat sangat jelas saat kita sedang riding..

Area Dek Tengah

Ada dua box kecil di kiri dan kanan, berguna sekali buat sekedar menyimpan botol minuman kecil, uang receh buat parkir, sarung tangan dan alat-alat kecil lainnya… Metik mah kudu ada nih yang beginian, jd ngiri nih metik yg dirumah cuma ada satu boxnya.. Hiks.. Lalu pijakan kakinya rata sob, agak sempit sih tapi bisa lah buat ngangkut galon satu mah.. Haha..

Jok

Joknya kecil memanjang.. mimin fikir karena terlihat kecil aaah pasti keras nih.. Eehhhh tahunya empuk bener sob, miriplah sama metik yang dirumah.. Hehe.. Buat boncengan seukuran mimin sih cukuplah, kesannya pas, asal jangan boncengernya ada dua aja, kagak muat sob.. Haha

Tangki

Karena metiknya imut, ya pasti tangkinya juga imut.. Tapi jangan khawatir sob, tangkinya mampu menampung hingga 3,5 liter.. Soal keiritan, Suzuki NEX ga perlu diragukan lagi dan bahkan mampu menandingi keiritan para kompetitornya sob… So, ga perlu khawatir sering mampir ke SPBU kan..

Bagasi

Bagasinya lumayan sob.., buat sekedar menyimpan jas hujan, sandal, tool kit, dan barang-barang kecil lainnya sih muat.. Asal jangan masukin helm aja sob, kagak muat.. Hihi..

Knalpot

Knalpotnya standarlah ya, metik mah begitu semua knalpotnya ga ada yang gimanaaa gitu.. Hehe.. Tinggal asesoris penutupnya alias pelindung panasnya aja yang perlu dibuat lebih menarik..

Suspensi belakang dan Mesin

Sokbreker atau suspensinya punya ulir yang lebih besar dari mio tapi sedikit lebih kecil dari beat.. Imho.. Hasilnya mantaff sob, empuknya pas dan ga ada gejala mengayun berlebih.. Sayang kemaren ga dites berboncengan jadi ga tahu gimana rasanya..

Kemudian beralih ke sektor mesin..

Spesifikasinya: 115cc, 4 tak, 2 valve, SOHC, air cooled. Mampu menyemburkan tenaga sebesar 9,4 PS @ 8.800 rpm dan torsi sebeaar 8,7 Nm @ 6.500 rpm.

So, Mantaff kan sob.. dengan bodi ringan dan power yang cukup beringas, menjadikannya metik yang siap memacu adrenalin.. Makanya di ajang kebut resmi pun si NEX ini selalu dipisahkan dari lawan-lawannya dan selalu punya kelas sendiri.. Hahaha.. Entahlah apa penyebabnya.. Makanya jangan anggap remeh, kecil-kecil cabe rawit nih.. 🙂

Velg dan ban belakang

Velg CW-nya bermerk Enkei dan dibalut ban tube type berukuran 80/90-14.. Standar lah ya sob.. Ukurannya sama persis dengan metik yamaha yaitu mio m3..

Area belakang

Stoplampnya agak membulat, masih pakai bohlam juga, pencahayaannya cukup terang. Behel atau pegangannya cukup nyaman di genggam, yang berguna pada saat menggeser motor saat parkir. Kemudian spakbornya mimin rasa agak kepanjangan ya tapi bagus juga sih jadi bisa meminimalisir terciprat air saat musim hujan..

Bodi keseluruhan

Nah dari samping terlihat kalau Suzuki NEX ini memang skutik yang mungil, ramping, imut, slim, ringan dan ngegemesin.. Xixi.. Karena memiliki dimensi yang kompak, yakni panjangnya 1.850mm, lebarnya 665mm, tinggi 1.035mm.. Jarak sumbu rodanya 1.235mm.. Jarak terendah ke tanahnya 135mm.. Kemudian beratnya adalah 90kg..

Buat rider dengan profil setinggi 165cm dan berat 60kg, seperti mimin, Suzuki NEX ini terasa pas sekali.. Ketika duduk diatas joknya, kaki menapak sempurna ke tanah dan ketika riding pun dengkul tidak mentok ke dek serta saat berada dalam posisi berkendara pun terasa nyaman sob..

Dengan harga yang paling murah diantara kompetitornya dan merupakan metik jepang termurah, mimin rasa suzuki NEX cukup menarik untuk dimiliki.

Ok sob, sekian dulu ya pembahasan kali ini.. Semoga bermanfaat

*special thank’s: viwimoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *