Yamaha Mio GT, Iritnya Kebangetan..

Selamat pagi sob.. Apa kabar? Yamaha Mio GT beberapa tahun silam merupakan salah satu metik yang menjadi andalan yamaha dalam penjualannya.. Mesinnya masih menggunakan teknologi lawas yang bernama YMjet-fi. Mimin memelihara satu unit di rumah yang merupakan armada nyonyah untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari seperti mengantar anak ke sekolah, belanja ke pasar dan lain-lain. Saat ini umurnya sudah menginjak 4 tahun kurang 2bulan. Saat masih berusia muda sering mimin tes keiritannya dan memang irit banget sob, wajarlah ya motor masih kinyis-kinyis mah pasti irit. Mimin penasaran apakah saat ini masih seirit dulu atau jadi boros? Nah, silahkan disimak sob..

Untuk mengobati rasa penasaran tersebut, akhirnya hari sabtu kemaren mimin langsung meluncur ke daerah cigombong bogor untuk mengetesnya, sekalian mengajak keluarga kecil untuk berlibur ke rumah ibu.. Start dari cileungsi sekitar pukul 1 siang.. Terlebih dahulu melipir ke pombensin terdekat, isi pertalite fulltank, tak lupa fotoin struk dan odometernya (16.705 KM).. Kondisi cuaca cerah berawan.. Keadaan lalu lintas yang dilewati dari cileungsi sampai bogor kota ramai lancar, tidak ada kemacetan yang berarti.. Kemacetan baru kita temui dari mulai jalan stasiun batutulis sampai terminal cihideung dengan sebagian besar jalannya menanjak dan menurun, yang menyebabkan si Gagal Tunduh ngos-ngosan karena harus membawa beban lebih dari 1 kwintal.. Haha.. Kemudian keesokan harinya kita pulang lewat jalur yang sama, dan kemacetannya pun terjadi di jalan yang sama seperti kemaren..

Pada saat berangkat kita rest 2x di daerah cibinong dan di daerah stasiun batutulis, kemudian ketika pulangnya kita juga rest 2x di daerah cibinong dan bojong.. Riding style alon alon aja sob, kecuali pas di jalan menanjak kudu gaspolll, kalau ga gitu mana bisa naik motornya, iya ga.. Terakhir, kita isi fulltank lagi bensinnya dan fotoin struk serta odometernya, yaitu 3,349 L dan odometer akhirnya 16.874 KM..

Oh iya, motornya masih standar tingting ya sob, tidak pernah di utak atik, pokoknya masih seperti pas keluar dari dealer, kampas remnya aja masih bau pabrik.. Haha.. Meskipun sudah berumur hampir 4tahun tapi odometer masih berada di 16ribuan KM.. Hehe..

Metode yang dipakai adalah full to full, yaitu isi bensin full sampai bibir tangkinya..

Saatnya kita hitung: odometer akhir dikurangi odometer awal, lalu dibagi jumlah liter BBM yang diisi terakhir..

16.875 – 16705 = 169KM.

169 : 3,349 = 50,46 KM/L.

Nah, meskipun harus membawa beban lebih dari 1 kwintal, kira-kira sekitar 125kg, ternyata 1 liter pertalite mampu menempuh jarak sejauh 50,46KM sob… Mungkin kalau beban yang dibawanya lebih ringan, hasilnya pasti lebih irit lagi sob..

Meskipun sudah berusia hampir 4 tahun, ternyata masih mampu mempertahankan keiritannya sob.. So, Yamaha Mio GT iritnya kebangetaan.. 🙂

Ok sobat, sekian dulu ya.. Terimakasih sudah mampir..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.