Puas Memakai Yamaha Jupiter Z1

Selamat malam sobat. Gimana kabarnya hari ini? Semoga dilancarkan segala urusannya.. Sudah berapa tahunkah sobat memakai kendaraannya saat ini? Nah kali ini kang wahid mau share tentang pengalaman memakai kendaraan operasional kang wahid dalam menemani aktivitas sehari-hari baik menjemput rezeki, touring, ke pasar, mengantar anak ke sekolah, dan lain-lainnya… Akan dijabarkan secara singkat baik kekurangan maupun kelebihannya.. Hehe.. Mangga disimak..

Yamaha Jupiter Z1 kang wahid sering muncul loh di artikel teman-teman blogger tanah air, alhamdulillah jadi terkenal.. xixixi.. Kalau tidak percaya, tanya saja mbah gugel, kata kuncinya: Jupiter Z1 jet wahid.. Pasti muncul artikel tentang si jet wahid.. Baik tentang konsumsi BBM-nya, permasalahan yang dihadapinya maupun testimoni tentang oli sesat.. Hahaha.. 🙂 jadi si jet wahid ini salah satu anggota sesater sob, ya walaupun baru dua jenis oli yang pernah dipakainya.. Hehe

Nah bulan februari ini genap sudah si jet wahid berusia 3 tahun.. Hiks.. Ga kerasa ya sob, rasanya baru kemaren kang wahid melihatnya di dealer.. 🙂 Lalu apa saja yang sudah dirasakan dan dialami selama ini dalam menemani segala aktivitas kang wahid.. Cekdisot..

KELEBIHANNYA:

Tentunya setiap kendaraan memiliki kelebihannya masing-masing ya sob, dan berikut kelebihannya si jet wahid:

  • Irit: sudah sering kang wahid melakukan uji coba alias mengetes tentang seberapa boros eh seberapa irit si jet wahid ini dalam mengkonsumsi BBM, baik itu pakai pertamax ataupun pertalite, baik itu dalam jarak dekat maupun jarak jauh.. Metode yang dipakai adalah full to full.. Kesimpulannya adalah 1 Liter bensin bisa menempuh perjalanan sejauh lebih dari 50 KM.. Beda-beda sih hasil yang didapat, kadang 54km/l, kadang 56km/l, bahkan pernah lebih dari 60km/l (dengan merubah setingan gear).
  • Kencang. Kalau ngomongin tentang speed atau seberapa kencang motor kita, pasti menjurusnya ke topspeed.. Hehe.. Boro-boro bisa mencapai topspeed sob, dapat speed 70-80kpj aja udah senang banget, jalanan sekarang mah udah pada macet dimana-mana sob, ngeri ngeri ngeri.. Tapi pernah sih dulu pas ketemu jalanan sepi dan dengan sikon yang memungkinkan, di gigi 3 mampu mencapai kecepatan 90kpj.. Belum sempat shifting ke gigi 4 treknya udah habis, ga jadi deh ngerasain topspeed.. Wakaka.. Raihan segitu menurut kang wahid sih sudah cukup kencang lah, entah di gigi 4 dapat topspeed berapa.. Kayaknya harus nyentul nih.. Xixixi.. Bagi kang wahid mah ga pentinglah itu topspeed, toh ga akan kepake juga kan dijalanan umum, yang penting itu akselerasinya sob.. Dan soal akselerasi, Z1 emang jagonya sob.. Hehe..
  • Minim perawatan.. Alhamdulillah selama 3 tahun ini tidak ada kendala yang berarti, semuanya fine-fine saja.. Accu aja masih tokcer.. Mungkin karena perawatannya kali ya.. So, rawatlah kendaraan kalian sob, maka sobat akan dibuat tersenyum olehnya.. Hehe..
  • Handal di segala medan. Kang wahid hobinya momotoran, hihi.. Sering touring antar kota, antar kampung, antar desa.. Wakaka.. Sering plesiran ke tempat yang sama sekali belum pernah dilewati, refreshing lah sekalian mencari jalur baru siapa tahu suatu saat berguna sebagai jalur alternatif.. Kadang juga blusukan ke daerah-daerah perbukitan atau pegunungan dan tak jarang sering menemukan jalan yang benar benar ancur cur cur.. Apapun medan yang dilalui, si jet wahid ayo aja, ga rewel, ga pundungan, hahaha..
  • Bodi ramping dan sporty. Desainnya keren, sporty, ga ngebosenin. Mudah diajak selap selip ketika macet, ringan sehingga mudah sekali diajak bermanuver.. Z1 juga mudah di modif dan spare part “racun” nya tersedia banyak dipasaran.. Mau sekedar tampang ganteng doang, ada.. Mau nambah daya kuda, ada tersedia banyak.. Ah si jet wahid mah sutandaran saja sudah cukup.. Haha.

KEKURANGANNYA:

Selain kelebihan, tentunya juga punya kekurangannya sob, karena buatan manusia tidak ada yang sempurna.. Betul betul betul.. Nah apa saja kekurangannya.. Cekidot..

  • Rantai mudah kendor: setelah menyimak obrolan master master di group Jupiter Z1, seberapa lama kendornya rantai itu katanya tergantung gimana cara kita bawa motornya.. Nah, karena seringnya pake cara geber riding ya rantai si jet wahid pasti 2 minggu sekali kudu di setel.. Mungkin kalau bawanya sering kalem sih bisa sebulanan lebih lah ya.. Hehe
  • Pernah terjadi overheat. Jadi waktu itu kang wahid riding antar kota, touring lah istilahnya mah, selama hampir dua jam dan ga berhenti berhenti sob, kebetulan di beberapa titik ada kemacetan parah, ya sudah ketika ketemu lampu merah pas berhenti tiba-tiba mesin mati.. Waduhhhh.. Panik dong.. Di selah ga mau nyala, di starter ga hidup juga.. Ya sudah dorong ke pinggir jalan.. Buka hape, tanya tanya di group, dan.. skip skip.. Setelah beberapa saat, iseng diselah lagi, lah kok nyala.. Alhamdulillah.. Hehe.. Jadi mulai saat itu, kalau riding jauh pasti tiap 1 jam atau paling lama 1,5 jam kudu berhenti dulu.. Bagus juga sih, selain buat mengistirahatkan motornya, badan kita juga perlu diistirahatkan sejenak biar fresh lagi.
  • Jok kurang empuk. Kang wahid pernah bandingkan dengan motor z1 teman lansiran 2012. Jadi waktu itu kita tukeran motor, dan kang wahid merasakan jok motor z1 teman ini kok lebih empuk ya.. Apakah terjadi penurunan kualitas? entahlah.. Tapi segini sih udah terhitung empuk dan nyamanlah..
  • Batok headlamp muncul bunyi-bunyian.. Ini sih sebenarnya disebabkan karena sering bongkar pasang.. Seperti modif lampu ON/OFF, ganti bohlam, cek kabel dan lainnya.. Kalau ga sering sih kayaknya aman sob.

Oh iya, dalam perjalanannya pastilah ada kenangan manisnya, ini sih banyaaakkk.. Jadi ga perlu diceritakanlah ya, butuh satu artikel penuh. Haha.. Kang wahid ceritakan pengalaman yang kurang mengenakannya saja.. Hehe.

  1. Pernah mogok disebabkan kabel digigitin tikus.. Kelistrikan mati total.. Mana lagi hujan, pulang kerja badan udah pegel, mau ga mau dorong sampai bengkel terdekat.. Haha..
  2. Pernah mengalami rantai putus.. Untungnya lagi pelan, posisi motor dipinggir dan keadaan sekitar tidak begitu ramai. Dorong deh sampai ke bengkel terdekat.. Padahal baru ganti rantai seminggu yang lalu, mungkin pemasangannya yang kurang presisi..
  3. Pemasangan striping modif yang tidak sesuai keinginan. Jadi waktu itu antara operator dan eksekutor kurang komunikasi dan salah kang wahid juga sih ga memperhatikan.. Jadi ya sudahlah terima saja, sudah kepalang terpasang, kasian juga harus dibongkar lagi butuh waktu lama. Cuma warna skotletnya saja yang dirubah, yang tadinya hitam jadi putih.. Hehe

Ok sobat, itulah suka duka kang wahid bersama motor andalan yang digunakan dalam menunjang aktivitas sehari-hari.. Cerita singkat tersebut semoga berguna bagi sobat, siapa tahu sobat mau meminang Jupiter Z1 buat penghuni garasinya.. Hehe.. Terimakasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *